Tentang Hibah


APA YANG SABAKOTA WUJUDKAN?

Sabakota, Sistem Aplikasi Bantuan Kota Tangerang, yaitu program bantuan dana diberikan secara selektif oleh pemerintah untuk ide-ide kreatif yang diusulkan oleh seluruh masyarakat Kota Tangerang khususnya, secara perseorangan atau kelompok. Bantuan , bersifat sementara, tidak terus-menerus, tidak mengikat dan tidak wajib.

HIBAH, yaitu program bantuan dana berkelanjutan dan terikat yang diberikan oleh pemerintah untuk setiap pengajuan proyek kreatif dari Lembaga Sosial Masyarakat (Non-Government Organitation atau NGO).

TAHAPAN SABAKOTA

Setiap masyarakat atau organisasi di Kota Tangerang yang ingin mengajukan proposal hibah melalui Sabakota cukup mendaftarkan melalui aplikasi dan mengirimkan kelengkapan dokumen secara langsung, setelah itu Pemerintah Kota Tangerang akan memverifikasi. Tahapan verifikasi selengkapnya sebagai berikut:


1. Setiap masyarakat atau organisasi di Kota Tangerang yang ingin mengajukan proposal hibah cukup mendaftarkan secara online melalui aplikasi Hibah (sabakota.tangerangkota.go.id) dan mengirimkan kelengkapan dokumen secara langsung kepada TU Pimpinan/Walikota. 


2.  TU Pimpinan/Walikota akan  mencatat  proposal yang diajukan, untuk selanjutnya menyampaikan kepada Walikota. , 


3.  Walikota  akan  mendisposisi pengajuan proposal tersebut kepada SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah)  Pengelola Hibah.


4.  SKPD  Pengelola Hibah akan  mengevaluasi pengajuan proposal tersebut dengan dibantu oleh Camat/Lurah dan selanjutnya memberikan rekomendasi besaran dana yang  dapat diberikan, kemudian disampaikan kepada Tim Pertimbangan


5.  Tim Pertimbangan  membahas rekomendasi usulan dana dari SKPD Pengelola Hibah dan selanjutnya menyampaikan  pertimbangan/  rekomendasi mengenai besaran dana yang  dapat diberikan kepada masyarakat/organisasi kepada  TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah).


6.  TAPD  akan  membahas usulan pertimbangan/rekomendasi  dari  Tim Pertimbangan berdasarkan prioritas dan kemampuan keuangan daerah untuk kemudian melaporkan kepada Walikota mengenai   dana yang dapat diberikan,  yang dituangkan dalam dokumen Daftar Nominatif Calon Penerima Belanja Hibah (DNC PBH/BS)


7.  Walikota  mengecek dan memberikan persetujuan terhadap DNC PBH/BS yang dituangkan dalam Lembar Persetujuan Walikota untuk selanjutnya menjadi dasar dalam pencantuman alokasi belanja hibah pada rancangan KUA/PPAS. 



Tahapan

  • Pendaftaran Proposal Hibah
  • Pemeriksaan Kelengkapan Dokumen Oleh TU
  • Pemeriksaan Oleh Walikota dan Klasifikasi Sesuai SKPD
  • Rekomendasi Dana Oleh SKPD
  • Verifikasi Proposal Oleh Tim Pertimbangan
  • Verifikasi Proposal Oleh TAPD
  • Persetujuan Walikota
  • Dana Tersalurkan
  • Proyek Hibah Berjalan