x
Tentang Tentang

Tentang Sabakota



APA YANG SABAKOTA WUJUDKAN?

Sabakota adalah Sistem Aplikasi Bantuan Kota Tangerang, yaitu program bantuan dana yang diberikan secara selektif oleh Pemerintah untuk menunjang urusan penyelenggaran pemerintah daerah yang diusulkan oleh seluruh elemen masyarakat Kota Tangerang, baik secara perorangan ataupun kelompok. Bantuan ini bersifat sementara, tidak terus-menerus dan tidak mengikat serta tidak wajib.
Belanja Hibah adalah pemberian uang/barang dan jasa dari pemerintah daerah kepada Pemerintah atau Pemerintah Daerah lainnya, Perusahaan Daerah, masyarakat, dan organisasi kemasyarakatan, yang secara spesifik telah ditetapkan peruntukannya, bersifat tidak wajib dan tidak mengikat, serta tidak secara terus menerus yang bertujuan untuk menunjang penyelenggaraan urusan Pemerintah Daerah.

TAHAPAN SABAKOTA

Setiap masyarakat atau organisasi di Kota Tangerang yang ingin mengajukan proposal hibah cukup mendaftarkan secara online melalui aplikasi Hibah dengan alamat sabakota.tangerangkota.go.id atau maupun pada aplikasi Tangerang LIVE dengan akun yang sudah terverifikasi, kemudian mengirimkan kelengkapan dokumen secara langsung kepada TU Pimpinan/Walikota, setelah itu Pemerintah Kota Tangerang akan melakukan proses verifikasi. Tahapan verifikasi yang dimaksud secara lengkap yaitu sebagai berikut:


  1. TU Pimpinan/Walikota akan  menerima dan mengadministrasikan proposal yang diajukan, untuk selanjutnya menyampaikan kepada Walikota.
  2. Walikota  akan  mendisposisi pengajuan proposal tersebut kepada SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah)  Pengelola Hibah.
  3. SKPD  Pengelola Hibah akan  mengevaluasi pengajuan proposal tersebut dengan dibantu oleh Camat/Lurah dan selanjutnya memberikan rekomendasi besaran dana yang  dapat diberikan, kemudian disampaikan kepada TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah).
  4. TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) Menyampaikan hasil rekomendasi SKPD kepada Inspektorat untuk dilakukan reviu.
  5. Inspektorat  membahas rekomendasi usulan dana dari SKPD Pengelola Hibah dan selanjutnya menyampaikan  pertimbangan/rekomendasi mengenai besaran dana yang  dapat diberikan kepada  TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah).
  6. TAPD  memberikan pertimbangan atas hasil reviu sesuai dengan prioritas dan kemampuan keuangan daerah untuk kemudian melaporkan kepada Walikota mengenai dana yang dapat diberikan,  yang dituangkan dalam dokumen Daftar Nominatif Calon Penerima Belanja Hibah (DNC PBH).
  7. Walikota  menetapkan hasil persetujuan  DNC PBH yang dituangkan dalam Lembar Persetujuan Walikota untuk selanjutnya menjadi dasar dalam pencantuman alokasi belanja hibah pada rancangan KUA/PPAS.

Tahapan Tahapan

Tahapan Sabakota


PENDAFTARAN PROPOSAL HIBAH
1 MENERIMA DAN MENGADMINISTRASIKAN PROPOSAL OLEH TU
2 PEMERIKSAAN DAN KLASIFIKASI PROPOSAL SESUAI SKPD OLEH WALIKOTA
3 REKOMENDASI PROPOSAL OLEH SKPD
4 MENYAMPAIKAN REKOMENDASI SKPD KE INSPEKTORAT OLEH TAPD
5 REVIU PROPOSAL OLEH INSPEKTORAT
6 PERTIMBANGAN HASIL REVIU KE DALAM DNC PBH OLEH TAPD
7 PENETAPAN HASIL PERSETUJUAN DNC PHB OLEH WALIKOTA
DANA TERSALURAKAN DAN PROYEK HIBAH BERJALAN